Friday, 25 November 2016

CARA MENGATASI HAMA PADA JAMUR TIRAM

CARA MENGATASI HAMA PADA JAMUR TIRAM :

Hama merupakan organisme yang dianggap merugikan dan memang sangat merugikan. Dan hama sangatlah tidak diinginkan dalam kegiatan ataupun kehidupan sehari-hari. Organisme ini merupakan perusak tanaman yang dapat merusak tanaman dan menghambat pertumbuhan tanaman. Ciri-ciri hama sendiri cenderung dapat dilihat dengan mata telanjang. Dan yang akan saya bahas kali ini adalah tentang hama yang menyerang Jamur, khususnya Jamur Tiram. Hama yg paling sering mengganggu pada pembudidayaan Jamur Tiram & Jamur Kuping adalah ulat. Secara alami ulat memang dapat tumbuh pada jamur tiram terutama saat kondisi udara dingin kelembaban tinggi. Hama ulat banyak menyerang pada saat musim hujan. Dan saat musim kemarau jarang terjadi serangan ulat pada jamur tiram.

CARA MENGATASI HAMA PADA JAMUR TIRAM yg disebabkan oleh kelembapan udara:

Usahakan pada saat pembuatan kumbung terdapat jendela yang dapat dibuka & ditutup, jadi sirkulasi udara pada kumbung dapat berjalan lancar. Kelembapan yang terlalu tinggi dapat diatasi dengan memberikan sirkulasi udara yang banyak. Mengatasi hama ulat di jamur tiram penyebab dari luar dalam budidaya jamur tiram kebersihan memang sangat diutamakan. Kebersihan kumbung yang kurang dijaga akan memicu tumbuhnya hama bagi jamur. Sisa grajen kayu & bonggol-bonggol jamur yang tidak  dibersihkan akan membusuk & mengudang datangnya hewan-hewan kecil termasuk ulat.

CARA MENGATASI HAMA PADA JAMUR TIRAM yang disebabkan kurang bersihnya kumbung :

Jagalah kebersihan kumbung dengan baik, bersihkan kumbung secara berkala,terutama dari sisa-sipa panen jamur,supaya tidak  menimbulkan tumbuhnya hama ulat.
Mengatasi Hama Ulat Pada Jamur Tiram Sisa Panen yang kurang Bersih Setelah pemanenan kita harus sedapat mungkin membersihkan sisa akar dari jamur tiram. Karena apabila kita tdk  membersihkan bonggol yang masih tertinggal pada baglog, bonggol tersebut akan membusuk & menimbulkan hama ulat.

 CARA MENGATASI HAMA PADA JAMUR TIRAM yang timbul dari sisa bonggol :
Pastikan tidak  ada bonggol yang tertinggal saat kita melakukan pemanen. Cungkil bonggol setealh kita memanen sampai terlihat grajen kayunya.

MENGATASI HAMA ULAT PADA BAGLOG

Penyebab dari baglog ini biasa terjadi pada saat pembibitan. Kemungkinan kurang sterilnya saat pembibitan menyebabkan bibit ulat terbawa sampai ke dalam baglog. Kemudian proses pengovenan baglog mungkin kurang sehingga tidak  mampu membunuh bibit ulat yang ada pada baglog. Bersihkan dengan sebersihnya baglog dengan melakukan pencungkilan hingga terlihat serbuk gergajinya. Penanganan Menggunakan Insektisida

        Apabila semua jenis penanganan itu masih belum dapat mengatasi hama ulat, Ini karena ulat tersebut sudah meninggalkan telur dalam baglog sehingga pembersihan lingkungan tidak  mampu mengatasi & membunuhnya, Kondisi ini apabila dibiarkan terus, maka jamur tiram yang dipanen akan terus menerus mengandung ulat. Cara penanganan khusus ini sebenarnya tidak direkomendasikan karena jamur termasuk tanaman organik, tetapi apabila sangat terpaksa dapat dilakukan.

Caranya adalah : Cungkil semua jamur tiram yang ada dalam kumbung sampai tidak  menyisakan, walaupun yg kecil sekalipun. Gunakan insektisida sesuai dengan kadar atau takaran yang tertera dalam produk. Selama proses penyemprotan insektisida, kumbung tidak  boleh dilakukan penyiraman air seperti biasanya. Proses penyiraman air dilakukan setelah 3 hari dari proses penyemprotan insektisida.

Cukup sekian postingan tentang CARA MENGATASI HAMA PADA JAMUR TIRAM.

Smoga bermanfaat :)

Translate

Populer