Friday, 25 November 2016

PERAWATAN BAGLOG JAMUR TIRAM

Perawatan Baglog Jamur Tiram


Jangan samakan Jamur Tiram dengan jamur-jamur yang lain yang bisa tumbuh dimana saja, kapan saja dan tahan hama. Jamur yang satu ini bisa dibilang manja.... hahaaa kaya anak mama saja. Ini disebabkan karena jamur tiram memerlukan perawatan-perawatan yang harus dilakukan dan sangat diperlukan ketelitian dalam hal ini. Mulai dari baglog, kebersihan kumbung, cara panen, penyiraman, dan lain lain. Walaupun tidak harus dirawat setiap waktu, tapi jamur tiram tetap harus diperhatikan dalam perawatannya. Dan kali ini, saya akan share tentang Perawatan Baglog Jamur Tiram. Saya yakin ini sangat bermanfaat untuk para pembudidaya jamur tiram putih.  Simak yach......... J J

CARA MERAWAT BAGLOG MENJELANG PANEN PERTAMA
Setelah anda siap dengan persediaan baglog baik dari pembuatan anda sendiri, maupun dengan membelinya dari orang lain maka langkah-langkah yang harus anda lakukan adalah :

1. Penataan baglog pada rak dalam ruangan spawning
Tata dengan baik baglog diatas rak-rak yang sudah anda sediakan.
2. Penyiraman atau pengkabutan baglog sebelum membuka tutup
Baglog yang belum dibuka penutupnya siram atau kabut permukaan baglog dengan menggunakan selang atau sprayer pompa manual selama 2 hari berturut-turut,dengan minimal 3 kali sehari,tetapi jika suhu terlalu panas maka dapat dilakukan sampai 4 kali sehari.
3. Pembukaan cincin dan kertas penutup baglog
Setelah 2 hari, baglog yang sudah disiram dibuka cincin dan kertas penutup baglog, setelah keduanya terlepas lalu gulungkan plastik ujung baglog agar permukaan media tanam terbuka lebar, sehingga jamur dapat tumbuh dengan bebas.
4. Penyiraman atau pengkabutan baglog setelah pembukaan tutup
Penyiraman atau pengkabutan pada baglog yang sudah dibuka tutupnya tidak berbeda pada penyiraman atau pengkabutan sebelum tutup baglog dibuka. Setelah usia baglog beberapa hari terhitung setelah pembukaan tutup baglog, maka bibit jamur dalam baglog akan mulai tumbuh dan membentuk daun/tiram jamur. Dan setelah 24 jam jamur akan membesar maksimal, artinya jamur siap dipanen.

CARA MERAWAT BAGLOG MENJELANG PANEN KEDUA
Setelah panen pertama maka langkah-langkah yang harus anda lakukan adalah :
1. Menutup baglog dan membalikan posisi
Setelah panen pertama selesai maka lipat kembali plastik baglog sehingga permukaan baglog tertutup kembali, kemudian rubah posisi baglog 180°, dengan posisi kepala baglog berada dibawah, selama 3 sampai 4 hari, selama proses ini baglog cukup disiram 1 kali dalam sehari.
2. Perubahan kembali posisi baglog
Setelah 3 sampai 4 hari dalam proses pembalikan baglog, lalu baglog kembalikan keposisi awa,l lalu kemudian lipat kembali plastik dikepala baglog sehingga kepala baglog terbuka kembali, dan lakukan penyiraman atau pengkabutan 3 sampai 4 kali sehari. 

CARA MERAWAT BAGLOG MENJELANG PANEN KETIGA
Setelah panen kedua maka langkah-langkah yang harus anda lakukan adalah :
1. Buka lipatan plastik pada kepala baglog, kemudian potong ujung plastik pas diujung permukaan media tanam.
2. Kemudian lakukan penyiraman 3 sampai 4 kali sehari
Stelah selama 6 sampai 7 hari kecambah jamur kembali tumbuh, dan siap panen setelah 24 jam terhitung dari mulai kecambah tumbuh.

CARA PERAWATAN MENJELANG PANEN KEEMPAT

Setelah proses panen ketiga selesai langkah yang harus anda lakukan adalah:
1. Lakukan pengirisan dengan pisau cutter pada permukaan kepala baglog, setebal kurang lebih 3 sampai 5 mm
2. Setelah itu lakukan kembali penyiraman 3 sampai 4 kali sehari

Semoga bermanfaat bagi semuanya, tentang perawatan baglog jamur tiram, supaya hasil bisa mencapai maksimal, terima kasih!!!

Translate

Populer